Cegah Anak – Anak Mengendarai Motor ( CAMOT )

COMATKEBUMEN – Aksi anak di bawah umur mengendarai mobil dan motor sudah bukan pemandangan baru lagi di Indonesia. Fenomena ini terjadi dari kota besar hingga seluruh pelosok di Indonesia  dan sepertinya sulit dicegah.

Kasat Lantas Kebumen  AKP. Catur C. Wibowo, SIK. MM. mengatakan fenomena ini sudah mulai berkembang di Kebumen, berbagai alasan dikemukakan mulai dari alasan efisiensi waktu, faktor ekonomi , dan lain sebagainya. Seolah para orang tua membiarkan  jika anak-anaknya yang masih di bawah umur itu mengendarai motor.

” Seolah ada rasa bangga jika anaknya ( yang masih di bawah umur ) bisa mengendarai motor, meskipun itu melanggar peraturan lalu lintas“, tambah AKP Catur. 

Data TMC Sat Lantas Polres Kebumen menyebutkan kasus kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur hingga bulan Juni 2013 sebanyak 7,89% atau 15 kasus  dari 190 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama semester 1 tahun 2013. Jika dibandingkan dengan data pada semester 2 tahun 2012 jumlah kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur tersebut mengalami kenaikan 3,59%.

” Meskipun terbilang kecil namun jika dibiarkan bukan tidak mungkin pada tahun – tahun berikutnya jumlahnya akan bertambah besar. Polisi saja tidak cukup, harus ada yang bantu, tanpa adanya kerjasama dari masyarakat khususnya pihak sekolah dan orang tua, saya rasa tidak mungkin menyelesaikan masalah ini “, jelas AKP. Catur.

AKP Catur juga menambahkan karena itu sudah sepatutnya masyarakat khususnya para orang tua memahami bahwa untuk mengendarai motor diperlukan ketrampilan dan kemampuan, paling tidak sang pengemudi sudah harus paham betul apa yang dia dikendarai. Jika tidak kesalahpahaman pengemudi yang tidak mampu mengontrol kecepatan  akan terus terjadi, dan otomatis kecelakaan di jalan raya meningkat.

” Orang tua harus ikut aktif karena keselamatan lalu lintas dimulai dari keluarga “. tutup AKP Catur.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s