Triwulan I 2013 Tercatat 112 Kasus Kecelakaan Di Kebumen

IlustrasiKEBUMEN – Kecelakaan menjadi salah satu penyumbang beban penyakit terbanyak di Indonesia. Ini mengakibatkan tingginya angka kematian dan kesakitan akibat kecelakaan lalu lintas. Kelalaian manusia menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas.

” Masyarakat masih menganggap enteng nyawa “, kata Kasat Lantas Kebumen AKP Catur C. Wibowo, SIK. MH.

Berdasarkan data TMC Sat Lantas Polres Kebumen pada triwulan I 2013, jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah Kebumen mencapai 112 kasus, dengan jumlah korban meninggal mencapai 46 orang dan korban luka – luka mencapai 135 orang. Jumlah kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan mencapai 180 unit, dengan nilai kerugian mencapai Rp 194.700.000,-.

Dari data di atas, AKP Catur C. Wibowo menjelaskan masih tingginya jumlah kematian dan kesakitan akibat kecelakaan lalu lintas mengakibatkan kerugian yang cukup besar.  Hal ini dikarenakan jumlah korban kecelakaan 58 % berasal dari usia produktif. ” Padahal pelaku utama roda perekonomian suatu wilayah atau negara adalah kalangan produktif “, kata beliau. AKP Catur juga mengatakan bila dibiarkan dan tidak segera diatasi bukan tidak mungkin Kebumen akan mengalami stagnan atau bahkan kemunduran ekonomi.

Perubahan perilaku menjadi kunci pengurangan angka kecelakaan. AKP Catur C. Wibowo mengimbau masyarakat, khususnya warga Kebumen  harus menjadi warga yang patuh. Aturan lalu lintas dan berkendara yang ada wajib diikuti dan ditaati.

Pihak Sat Lantas Polres Kebumen terus melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ke sekolah -sekolah ataupun masyarakat yang merupakan bagian dari program RSPA ( Road Safety Patnership Action) sebagai salah satu upaya mencegah atau antisipasi guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kebumen.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s