Pelajar Kebumen Masih Beresiko Tinggi Terlibat Kecelakaan

KBO Lantas Iptu Joko Maryono, SH saat memberikan binluh kepada pelajar SMKN 1 Puring

KBO Lantas Iptu Joko Maryono, SH saat memberikan binluh kepada pelajar SMKN 1 Puring

PURING – Jumlah kecelakaan yang cukup tinggi di wilayah Kebumen khususnya yang melibatkan pelajar menimbulkan keprihatinan semua pihak khususnya bagi Sat Lantas Polres Kebumen. Sebagai upaya antisipatif dan juga bagian dari program kerja  Sat Lantas Polres Kebumen, Unit Dikyasa terus meningkatkan kegiatan pembinaan dan penyuluhan (binluh) ke sekolah – sekolah terutama dalam mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas khususnya bagi pelajar.

Bertempat di SMK Negeri I Puring beberapa waktu yang lalu, KBO Lantas Iptu Joko Maryono, SH. memberikan materi tentang Sosialisasi Keselamatan Berlalu lintas di hadapan para siswa sekolah tersebut. Dalam materi yang disampaikan, KBO Lantas Iptu Joko Maryono, SH. mengatakan pada tahun 2012 dari 717 kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah kebumen, mengakibatkan 171 korban meninggal dunia dan lebih dari 1000 orang mengalami luka – luka, dari jumlah tersebut juga tercatat bahwa sebanyak 27 orang pelajar meninggal dunia dan lebih dari 200 orang pelajar mengalami luka – luka sebagai akibat dari kecelakaan lalu lintas. KBO Iptu Joko Maryono, SH juga menambahkan sebagian besar penyebab kecelakaan tersebut adalah karena mendahului (menyalip) dan kecepatan tinggi (ngebut).

Pada awal tahun 2013 ini (berdasarkan data TMC Lantas Kebumen s/d Februari 2013) sudah 8 orang pelajar meninggal dunia  dan lebih dari 20 orang pelajar luka – luka  karena kecelakaan lalu lintas, jika dibandingkan dengan data awal tahun 2012 jumlah pelajar yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan sebesar 13%.

Dengan melihat data diatas, KBO Lantas Iptu Joko Maryono, SH menghimbau agar para pelajar khususnya pelajar SMK Negeri I Puring agar berhati – hati dan lebih mematuhi peraturan lalu lintas, karena 90% kecelakaan lalu lintas diakibatkan dari adanya pelanggaran lalu lintas.

2 responses to “Pelajar Kebumen Masih Beresiko Tinggi Terlibat Kecelakaan

  1. Coba ditertibkan lg pak pol…perbanyak sosialisai safety riding ke sekolah2, baik SMP maupun SMA…bekerjasamalah dg pihak sekolah…soalnya miris bgt tiap liat pelajar2 pecicilan pake motor krna sngt membahayakn pengguna jalan yg lain.

    *warga Ayah

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s