Musim Mudik Lebaran Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat

KEBUMEN – Mudik  setiap jelang lebaran, sudah menjadi rutinitas tahunan warga  masyarakat yang akan merayakan lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman. Hal ini seolah mejadi “ritual wajib”  bagi sebagian besar warga yang akan merayakan hari raya umat muslim di seluruh dunia tersebut.

Hal tersebut tentu berdampak pada meningkatnya volume kendaraan di jalan raya menjelang dan sesudah lebaran terutama di daerah – daerah atau kota – kota di sebagian besar Pulau Jawa tidak terkecuali di wilayah Kebumen. Banyaknya jumlah volume kendaraan selama arus mudik / balik di musim lebaran tahun 2012 terutama di wilayah Kebumen berdampak langsung pada meningkatnya jumlah kasus kecelakaan lalu lintas baik itu yang langsung melibatkan para pemudik ataupun warga lokal.

Berdasarkan data di atas kasus  kecelakaan lalu lintas di wilayah Kebumen selama musim mudik lebaran 2012 mengalami peningkatan hingga 151,18 %   dan dari 68 kasus kecelakaan  yang terjadi pada musim lebaran ini sekitar 41%nya melibatkan para pemudik .

Pihak TMC Sat Lantas  Kebumen mencatat bahwa kecelakaan lalu lintas paling banyak terjadi pada H-2 ( 17 Agustus 2012 ) antara pukul 18.00 – 21.00 wib dan sebagian besar melibatkan kendaraan roda 2 ( sepeda motor ) dengan penyebab utama karena para pengendara  mendahului / menyalib dengan ceroboh.

MACET – Antrian panjang di depan RM Yunani Sruweng pada arus balik H+3

Lebih lanjut TMC Sat Lantas Kebumen mencatat bahwa pada musim mudik lebaran 2012 di wilayah Kebumen puncak arus mudik wilayah Kebumen  terjadi sejak H-2  sedangkan puncak arus balik di wilayah Kebumen terjadi pada H+3 dimana pada H+3  tersebut arus lalin dari arah timur menuju ke barat sempat mengalami kemacetan di Simpang 5 Kebulusan hingga Jalan Raya Sruweng ( Depan PKU Sruweng ) – Perlintasan KA Karanganyar – dan yang terparah adalah di Pasar Gombong yang sempat terjadi antrian kendaraan hingga Simpang 3 Rowokele Kebumen.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s