AKP M.RIDWAN,SIK. : “KERETA KELINCI MELANGGAR UU NO 22 TAHUN 2009”

Suasana pertemuan di ruang PPKO Polres Kebumen

KEBUMEN – Bertempat di ruang PPKO Polres Kebumen pagi tadi diadakan pertemuan yang mengagendakan tentan keberadaan kereta kelinci di wilayah Kebumen. Dalam acara ini turut juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Organda, Kejaksaan & Pengadilan Kabupaten Kebumen serta para perwakilan pemilik Kereta Kelinci di wilayah Kebumen. Acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 wib ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Edi Subroto, SH.

AKP. M.Ridwan, SIK

Dalam paparannya Kasat Lantas Kebumen AKP. Muhammad Ridwan, SIK. antara lain mengatakan berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 47 ayat (2) kendaraan bermotor dibagi menjadi empat jenis yakni Sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, mobil bus, dan kendaraan khusus, sedangkan kereta kelinci sendiri tidak termasuk dalam ke lima jenis kendaraan tersebut. AKP. Muhammad Ridwan, SIK. juga menambahkan berdasarkan Pasal 285 ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 atau lebih ( kereta kelinci ) yang tidak memenuhi persyaratan teknis ( Pasal 106 ayat 3 jo Pasal 48 ayat 2)  akan dikenakan pidana kurungan maksimal 2 bulan atau denda Rp. 500.000,-. Sehingga secara umum dapat dikatakan bahwa mengoperasionalkan kereta kelinci di jalan  melanggar UU No. 22 Tahun 2009.

Sedangkan dari Dinas Perhubungan mengutarakan bahwa mengoperasionalkan kereta kelinci di jalan dapat dikatakan melanggar Pasal 277 UU No. 22 Tahun 2009 yang secara garis besar setiap orang yang membuat kereta tempel / gandengan dan mengoperasionalkannya di dalam wilayah dalam negeri sehingga merubah tipe serta tidak melakukan kewajiba uji tipe ( Pasal 50 ayat 1 ) dapat dikenakan pidana kurungan maksimal 1 tahun / denda sebesar Rp. 24.000.000,-.

Kereta kelinci yang diamankan petugas di halaman samping Mapolres Kebumen beberapa waktu yang lalu

Pertemuan ini sendiri selesai sekitar pukul 11.30 wib dan mendapatkan kesimpulan bahwa keberadaaan kereta kelinci / mengoperasionalkan kereta kelinci di jalan melanggar UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan dan petugas dapat melakukan penindakan hukum.

2 responses to “AKP M.RIDWAN,SIK. : “KERETA KELINCI MELANGGAR UU NO 22 TAHUN 2009”

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s